5 Tips Memilih Dokter untuk Konsultasi Penyakit Dalam Menurut SehatQ

  • Whatsapp

Berkonsultasi mengenai kesehatan bisa dilakukan dengan buat janji dokter terlebih dahulu sehingga tidak perlu mengantre lama. Anda bisa melakukan pembuatan janji temu dengan menghubungi ke pihak rumah sakit, klinik atau praktik dokter sendiri atau menggunakan layanan online.

Read More

Anda dapat memilih dokter penyakit yang sesuai dengan penyakit yang dialami, misalnya penyakit dalam, maka harus mencari dokter internis karena dokter ini khusus menangani penyakit dalam.

Memilih dokter yang tepat merupakan hal yang sangat penting, terutama dokter internis karena penyakit seperti ini perlu waktu penyembuhan yang lama. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari dokter yang sesuai dengan penyakit yang dialami.

Tips Memilih Dokter Penyakit Dalam

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih dokter internis, di antaranya cakupan asuransi, biaya, dan cara dokter menangani keluhan pasien. Bahkan bisa dikatakan interaksi antara Anda dengan dokter merupakan hal yang sangat penting. Anda dapat lakukan dengan cara berikut:

1. Cari Rekomendasi

Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan rekomendasi dokter internis terbaik, mulai dari mencari rekomendasi secara daring atau dengan bertanya-tanya pada orang terdekat.

Rekomendasi terbaik adalah yang berada dekat dengan Anda, sebaiknya mencari dokter yang ada di kota sendiri. Sebab lebih mudah didatangi, Anda tidak perlu banyak waktu untuk mendatangi dokter tersebut. Apabila tidak bisa menemukannya, maka Anda bisa mencari dokter yang berada di kota terdekat. Sebaiknya cari beberapa rekomendasi.

2. Cek Rekam Jejak Dokter

Sebelum buat janji dokter Anda juga harus mengecek rekam jejak dokter yang sudah masuk daftar rekomendasi. Cari sebanyak mungkin rekomendasi mengenai dokter yang dipilih, seperti pendidikan, sertifikasi, pelatihan, penghargaan yang pernah diterima atau berbagai aspek lainnya.

Dengan menelusuri rekam jejak ini Anda bisa mengetahui apakah dokter tersebut terbukti baik dalam menangani berbagai penyakit dalam atau khusus menangani penyakit tertentu. Selain itu, juga bisa mengecek apakah dokter tersebut bermasalah atau pernah melakukan malapraktik.

3. Dokter Berpengalaman Lebih Baik

Jam terbang merupakan pertimbangan penting saat memilih dokter. Ini adalah unsur paling penting karena menyangkut pengalaman dokter. Semakin berpengalaman akan makin bagus, sebab dokter yang berpengalaman sudah menangani berbagai pasien dan penyakit.

Anda harus menanyakan apakah dokter tersebut pernah menangani penyakit yang sama dengan apa yang Anda derita saat ini. Selain itu, tanyakan pula mengenai bagaimana penanganan yang dilakukan apabila ada risiko komplikasi.

4. Pilih Sesuai Kondisi Penyakit

Saat ini, terdapat 12 sub spesialis penyakit dalam sesuai bidangnya. Mulai dari keluhan alergi, imunologi, ginjal-hipertensi, dan berbagai kondisi lainnya, bahkan gangguan psikologis.

Pertama, Anda harus mengetahui kondisi penyakit yang diderita, lalu baru encari dokter yang sesuai. Misalnya, Ingin mengobati diabetes, maka cari dokter dengan sub spesialis endokrin-metabolik-diabetes.

5. Pastikan Dokter Pilihan Masuk dalam Pilihan Dokter Asuransi Anda

Asuransi kesehatan memiliki peranan dalam mengcover biaya berobat yang harus Anda keluarkan. Jadi, paling tepat memilih dokter yang termasuk dalam cakupan layanan asuransi kesehatan Anda.

Pilihlah dokter internis terbaik yang ada dalam layanan asuransi kesehatan sehingga Anda tidak harus membayar biaya pengobatan yang mahal. Namun, juga harus memperhatikan apakah dokter tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Kelima faktor di atas merupakan hal penting untuk dipertimbangkan ketika ingin buat janji dokter sehingga pengobatan penyakit yang diderita dapat berjalan dengan baik. Anda bisa mendapatkan rekomendasi dokter penyakit dalam di situs SehatQ. Ada banyak pilihan dokter spesialis beserta informasi lengkapnya. Selain itu, juga ada berbagai informasi seputar dunia kesehatan yang pasti akan bermanfaat untuk Anda.

 

Sumber:

1. https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/tips-memilih-dokter-internis-terbaik/

2. https://www.alodokter.com/seputar-dokter-spesialis-penyakit-dalam-dan-penyakit-yang-ditangani

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *