Hal-Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Penggunaan Humidifier Pada Bayi

  • Whatsapp

Apakah Anda tahu alat yang disebut humidifier? Ini adalah mesin yang dapat membantu membersihkan udara di dalam ruangan. Di negara tropis dengan iklim panas, penggunaan pendingin udara sangat tinggi, tapi disisi lain juga akan berakibat pada iritasi, bersin, dan asma. Oleh sebab itu, penggunaan mesin penjernih udara untuk melengkapi penggunaan AC.

Bukan hanya orang dewasa, tapi bayi pun merasakan ketidaknyamanan ketika udara terlalu kering. Si kecil bisa terserang berbagai penyakit karena udara panas.

Penggunaan Humidifier untuk Si Kecil

Ketika si kecil rewel, bukan selalu karena dia lapar atau sakit. Namun, bisa karena dia merasa gerah dan kesulitan bernapas. Anda dapat membantu memperbaiki keadaan ini dengan menghidupkan alat pelembab udara. Alat penjernih atau pelembab udara akan menjaga kelembapan udara di ruangan sehingga membuat si kecil merasa lebih nyaman ketika berada di dalamnya.

1. Alasan Menggunakan Mesin Pelembab Udara

Alat pelembab udara tidak seperti air purifier, karena fungsinya adalah meningkatkan kelembaban udara dengan menyemburkan uap air ke seisi ruangan. Bukan dengan menahan virus dan bakteri di dalam mesin filter. Jadi, jangan samakan keduanya.

Untuk ruang anak, meletakkan pelembab udara akan membantunya lebih nyaman bernapas. Selain itu, juga membantu mengurangi kemungkinan datangnya penyakit karena udara terlalu kering dan panas.

Karena sistem pernapasan bayi lebih sensitif dibanding orang dewasa dan memiliki frekuensi kerja lebih banyak, maka sangat sulit baginya untuk tetap nyaman bernapas di ruangan ber-AC di udara kering. Inilah mengapa Anda perlu menambahkan mesin pelembab udara di ruangan si kecil.

2. Manfaat Menggunakan Mesin Penjernih Udara pada Bayi

Humidifier saat ini juga banyak digunakan dalam ruangan bayi. Hal ini karena mesin ini bermanfaat untuk membantu si kecil bernapas. Ada beberapa manfaat lain dari penggunaan mesin ini, seperti:

  • Menghindarkan si kecil dari berbagai masalah kesehatan, seperti bibir pecah-pecah, iritasi kulit, gatal-gatal, dan berbagai masalah kulit lainnya.
  • Mengurangi gejala flu dan membantu si kecil yang sudah terlanjur terkena flu. Si kecil akan terhindar dari bersin-bersin dan lebih lega dalam bernapas.
  • Membuat tidur si kecil lebih lelap dan tidak terganggu karena udara panas.
  • Dapat menjadi dekorasi ruangan bayi karena sudah banyak bentuk mesin pelembab udara yang menggemaskan dan warna nan cantik.

3. Adakah Efek Samping Penggunaan Mesin Pelembab Udara?

Walaupun memiliki banyak manfaat, ternyata mesin ini juga memiliki kekurangan yang dapat menimbulkan efek samping untuk si kecil. Beberapa efek samping yang dapat disebabkan oleh mesin ini adalah:

  • Memicu pertumbuhan bakteri dan jamur. Saat tercampur dalam uap air akan tersebar ke seluruh ruangan sehingga akan sangat berbahaya bagi si kecil. Untuk menghindarinya, Anda harus sering membersihkan mesin pelembab udara ini.
  • Suara mesin yang kencang saat dinyalakan dapat mengganggu istirahat si kecil. Jadi, sebaiknya Anda mencoba dahulu mesin sebelum membeli dan memilih yang tidak berisik.
  • Ada mesin yang belum dilengkapi hygrometer sehingga tingkat kelembapannya bisa terlalu tinggi. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur serta membuat struktur bangunan lebih cepat rusak.

Jadi, selain memiliki berbagai manfaat juga ada juga efek sampingnya. Akan tetapi, efek samping ini tidak akan terjadi apabila Anda mengetahui cara penggunaan yang benar dan cara memilih mesin pelembab udara yang sesuai. Anda bisa membeli mesin humidifier di toko alat rumah tangga, baik daring maupun luring.

Sumber:

  1. https://www.dekoruma.com/artikel/74617/manfaat-humidifier-untuk-bayi
  2. https://www.orami.co.id/magazine/ini-4-manfaat-humidifier-untuk-bayi-yang-penting-diketahui/
  3. https://www.popmama.com/baby/0-6-months/winda-carmelita/tips-menggunakan-humidifier-di-kamar-bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *