Ingin Konsumsi Obat Herbal Tanpa Khawatir? Lakukan 5 Tips Ini

  • Whatsapp

Obat herbal masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai penyakit. Bahan-bahan alami ini sudah digunakan sejak lama dan banyak orang bisa merasakan manfaatnya. Salah satunya adalah tablet herbal Lianhua yang memiliki fungsi membersihkan panas dan racun dari dalam tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Read More

Penggunaan obat semacam ini sebenarnya sah-sah saja, asalkan Anda mengonsumsi dengan benar dan memilih produk yang benar-benar terpercaya. Untuk Anda yang masih merasa khawatir mengonsumsi obat-obatan herbal, beberapa tips berikut mungkin akan sangat membantu.

Tips Konsumsi Obat Herbal

Banyak orang masih meragukan obat herbal, karena walau bagaimanapun tetap ada efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi obat herbal ini. Agar merasa aman, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips berikut:

1. Hanya Gunakan Produk Obat Herbal Berizin

Di Indonesia ada BPOM yang bertanggung jawab dalam hal regulasi dan standarisasi obat herbal. BPOM RI akan mengelompokkan obat-obatan yang bisa diedarkan dan tidak serta mengatur tingkat peredarannya di masyarakat.

Jika Anda ingin mengonsumsi obat herbal, pastikan untuk mengecek dahulu apakah obat herbal tersebut masuk dalam daftar obat berizin BPOM atau tidak. Jika tidak bisa menemukan izinnya, sebaiknya tidak usah dikonsumsi.

2. Pastikan Tanggal Kadaluarsa Produk

Obat herbal Lianhua memiliki batas waktu pemakaian. Jika Anda menggunakannya lewat dari masa tersebut, maka bisa mengakibatkan keracunan. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi obat-obatan herbal pastikan untuk mengecek tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu.

3. Gunakan Sesuai Petunjuk Pemakaian dan Dosis

Salah satu penyebab mengapa obat herbal bukannya bermanfaat, tapi justru mendatangkan mudharat adalah karena salah dalam dosis konsumsi dan tidak mengikuti petunjuk pemakaian.

Apabila Anda hendak menggunakan obat herbal, baca dahulu petunjuk pemakaiannya. Apakah obat tersebut bisa langsung dikonsumsi atau harus dicairkan dengan air terlebih dahulu.

Selain itu, perhatikan dosisnya. Ingin cepat sembuh bukan berarti Anda harus mengonsumsi obat herbal secara berlebihan. Konsumsi obat sesuai dengan dosisnya dan pastikan tidak berlebihan agar manfaatnya bisa segera dirasakan.

4. Hubungi Layanan Konsumen Produk Herbal

Jika Anda masih merasa ragu dengan cara pemakaian dan dosisnya, sangat dipersilakan untuk menghubungi layanan konsumen agar bisa bertanya lebih jauh. Menggali lebih banyak informasi akan membantu Anda sehingga tidak melakukan kesalahan penggunaan.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Anda juga perlu mengkonsultasikan penggunaan obat herbal dengan dokter, apalagi jika sebelumnya sudah menggunakan obat-obatan resep dokter. Sebab mungkin saja bahan-bahan yang ada dalam obat herbal justru berlawanan dengan obat dokter sehingga malah memperparah penyakit Anda.

Keamanan dalam mengonsumsi obat herbal memang sangat perlu diperhatikan. Bukan hanya cara pemakaian dan dosisnya, tapi juga harus tahu apakah Anda boleh atau tidak mengonsumsi obat herbal, karena orang dengan kondisi berikut tidak bisa mengonsumsi obat herbal:

– Wanita dengan kondisi hamil atau menyusui.

– Pasien yang akan melakukan operasi medis.

– Pasien dengan kondisi tertentu, misalnya gangguan fungsi hati, jantung, ginjal atau mengidap penyakit autoimun.

Tidak ada larangan mengonsumsi obat herbal, hanya saja sebaiknya tidak dikombinasikan dengan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, obat diabetes, atau pengencer darah. Sebab bisa menimbulkan komplikasi serius.

Kesimpulannya, Anda tidak perlu takut mengonsumsi obat herbal Lianhua. Karena sudah terdaftar di BPOM RI dan terjamin keamanannya. Penggunaan yang tepat dengan dosis sesuai tidak akan membahayakan. Produk obat herbal ini bisa dibeli di marketplace kesayangan Anda.

 

Sumber:

1. https://www.alodokter.com/panduan-mengonsumsi-obat-herbal

2. https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/obat-herbal/

3. https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/obat-herbal-aman-dikonsumsi-tidak/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *